6 Manfaat Madu untuk Anak, Bantu Tingkatkan Energi dan Imun Si Kecil

Madu adalah hadiah terindah yang diberikan alam untuk manusia. Cairan kental berwarna emas yang manis ini telah menarik perhatian banyak orang sejak dahulu kala. Sebagai makanan super, madu tak hanya memiliki rasa yang luar biasa, tetapi juga memberikan banyak manfaat kesehatan bagi banyak orang.


Selain warna dan rasanya yang menggoda, madu juga membentuk dasar dari sebagian besar obat-obatan Ayurveda dan banyak digunakan dalam pengobatan rumahan untuk mengobati penyakit seperti batuk & pilek, flu, eksim, dan luka.


Madu adalah salah satu makanan yang dapat Anda andalkan karena kandungannya yang menakjubkan. Madu kaya akan antioksidan, flavonoid, mineral, vitamin dan nutrisi penting lainnya dan antiseptik serta memiliki sifat antibakteri.


Nutrisi akan memberi manfaat bagi setiap orang, tak terkecuali bagi anak-anak. Ya, manfaat madu untuk anak sangat baik guna mendukung kesehatan si kecil. Berikut adalah beberapa manfaat madu untuk anak yang dilansir dari daburhoney.com.

Untuk Meredakan Batuk & Pilek

Anak-anak paling rentan terhadap penyakit yang muncul seiring perubahan musim, contohnya batuk & pilek. Manfaat madu untuk anak antara lain untuk membantu meredakan gejala pilek dan batuk seperti hidung berair, demam ringan, iritasi atau sakit tenggorokan dan bersin.


Madu memiliki sifat antivirus, antibakteri dan antioksidan yang membantu melawan infeksi virus, bakteri atau jamur yang menyebabkan masalah dan mengobati gejala yang mendasarinya.


Untuk menyiapkan obat rumahan berbahan dasar madu, cobalah langkah berikut:


1. Campurkan 1 sdm madu suam-suam kuku dengan sendok bubuk kayu manis

2. Berikan kepada anak Anda dua kali sehari setiap hari atau sampai gejalanya hilang

3. Sebaiknya, berikan pada waktu tidur karena akan membantu memberi anak Anda tidur malam yang nyenyak

Menggunakan kombinasi jahe dan madu juga menjadi salah satu pengobatan rumah yang terkenal untuk mengobati batuk dan pilek.



Mendukung Pencernaan yang Sehat

Di antara banyak manfaat madu untuk anak, memanfaatkannya untuk memperbaiki sistem pencernaan adalah yang paling umum. Konsumsi madu bermanfaat bagi saluran pencernaan dengan menjaganya dari penyumbatan dan mengatur pergerakan usus. Ini juga membantu dalam memberikan bantuan ketika anak terserang infeksi perut seperti gangguan pencernaan, sembelit, dan perut kembung. Jika anak Anda sering mengeluh karena gangguan perut, siapkan resep di bawah ini dan berikan padanya secara teratur untuk menenangkan perut dan menjaga sistem pencernaan sehat & bahagia.


1. Siapkan secangkir teh hitam

2. Tambahkan beberapa tetes jus jahe segar

3. Aduk dengan satu sendok teh Madu

4. Berikan kepada anak Anda untuk diminum setidaknya dua kali sehari untuk hasil yang efektif


Membantu Menyembuhkan Luka lebih Cepat

Manfaat madu untuk anak juga dapat membantu dalam penyembuhan luka yang disebabkan karena abrasi, luka bakar atau luka lainnya. Kualitas terapeutik madu dan sifat antibakteri dan antijamurnya yang kaya membantu luka yang terinfeksi untuk sembuh dengan baik dan teratur.

Jika anak Anda pulang bermain dengan luka, cukup cuci dengan air dan oleskan sedikit madu ke area yang terkena. Gosok dengan lembut dan jika lukanya dalam, lalu balut dengan perban.


Meningkatkan Energi

Manfaat madu untuk anak yang berikutnya yaitu untuk membantu meningkatkan energi. Ketika ingin meningkatkan energi pada anak Anda, tidak ada yang lebih baik daripada sesendok madu. Tidak hanya rasanya yang manis tetapi madu juga merupakan sumber karbohidrat yang kaya, yang menyediakan bahan bakar bagi tubuh untuk tetap energik sepanjang hari.


Satu sendok makan madu menyediakan sekitar 17 gram karbohidrat. Madu juga memiliki jumlah vitamin, mineral, kalsium, magnesium, dan asam amino yang baik untuk melengkapi kebutuhan nutrisi sehari-hari pada anak.


Manfaat madu untuk anak tidak hanya baik sebagai obat, tetapi juga sebagai sumber multivitamin alami yang penting bagi anak dalam masa pertumbuhan. Sebagai sumber nutrisi dan vitamin penting yang kaya, dosis harian madu dapat dengan mudah menutupi kebutuhan multivitamin, tulang, otot, dan tubuh yang sedang berkembang pada anak Anda.



Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat madu untuk anak yang terakhir adalah untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Madu diketahui dapat merangsang produksi sel imun dalam tubuh sehingga menjaga sistem imun tetap sehat & kuat. Sifat antibakteri dan antioksidannya membantu melawan serangan kuman dan bakteri serta memberikan kekuatan untuk menahan serangan apa pun pada kekebalan si kecil.


Meskipun madu memiliki khasiat obat luar biasa yang benar-benar dapat membantu kita, makanan manis ini tidak disarankan untuk bayi yang berusia kurang dari satu tahun. Ini karena bayi Anda belum siap untuk mengonsumsi madu, terutama karena madu memiliki sesuatu yang disebut endospora aktif dari spesies bakteri yang dikenal sebagai botulisme Clostridium, yang dapat menjadi racun dan menyebabkan masalah pada bayi.


https://www.merdeka.com/jabar/6-manfaat-madu-untuk-anak-bantu-tingkatkan-energi-dan-imun-si-kecil-kln.html?page=5


Dan masih banyak manfaat lainnya dari Kurma, biiznillah, Semoga Allah subhanahu wata'ala memberi kepada kita dan pengunjung website ini, kesehatan dan keselamatan di dunia dan akhirat ... Aaamiin Ya Robbal 'Aalamiin.


Rincian cara belanja dapat temukan disini, klik disini JogjaMadu.com/p/cara-belanja.html